5 Cara Melatih Perkembangan Emosional Anak

Inge Innova – Kecerdasan emosional tak kalah penting untuk diperhatikan seperti halnya kecerdasan intelektual. Anak yang cerdas secara emosi tentunga melewati tahapan perkembangan emosional anak yang ideal. Berikut ini cara yang bisa diterapkan untuk melatih perkembangan emosional pada anak Anda.

perkembangan emosional anak

1. Pengenalan Emosi

Latihlah anak untuk mengenal emosi yang sedang dialaminya. Di mana Anda harus mengenalkan anak tentang marah, sedih, kecewa, ataupun senang. Anda bisa membantu anak dengan menjelaskan emosi tersebut dan ajarkan anak untuk menyampaikannya dengan caranya sendiri. Cara mudah untuk melatihnya dengan menggunakan media berupa gambar. Di sana anak bisa melihat bagaimana bentuk emosinya.

2. Berbagi Emosi ke Anak

Ternyata cara untuk melatih perkembangan emosi pada anak dengan membagikan emosi yang dirasakan kepada anak. Saat Anda sedang senang sampaikan hal itu kepada anak dengan cara yang tepat. Misalnya saat anak sedang aktif dan melakukan hal yang tidak Anda sukai bisa mengatakannya kepada anak dengan perlahan-lahan.

3. Ajarkan Menerima Perasaan Negatif

Cara melatih perkembangan emosi anak dengan mengajarinya cara menerima perasaan negatif. Saat anak sedang bersedih dengarkan dia dan berilah pelukan sambil menanyakan apa yang sedang terjadi.

Jangan melarangnya menangis tetapi carilah cara mengalihkan perhatiannya dari hal yang membuat anak menangis. Saat anak merasa bosan atau kesepian Anda bisa mengajarinya cara untuk mengatasinya. Secara bertahap anak akan mengikuti cara yang Anda terapkan sebagai upaya menerima perasaan negatif.

4. Berikan Umpan Balik

Memberikan umpan balik atas apa yang dilakukan anak menjadi cara untuk melatih perkembangan emosionalnya. Berikan tanggapan antusias Anda saat melihatnya. Hal ini akan membuat anak mencontoh cara yang Anda berikan dengan penuh semangat.

5. Buatlah Rutinitas

Adanya rutinitas harian akan membantu anak membentuk dirinya. Ia akan lebih mudah belajar menyalurkan emosinya. Ini juga menjadi cara agar anak lebih terstruktur dan memahami setiap tindakan yang dilakukannya secara berulang.

Anda bisa melatih perkembangan emosional anak secara berulang di rumah. Jangan putus asa karena memang semuanya butuh proses. Anda hanya perlu semangat dan yakin untuk mencapai perkembangan emosional yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *