Cara Mudah Menyetir Stop and Go Pada Jalan Tanjakan

Inge Innova – Jika Anda memiliki mobil bekas baik dengan transmisi manual atau matic, melalui jalan tanjakan pastinya menjadi tantangan tersendiri. Terlebih bagi Anda yang masih pemula dan belum mengetahui cara mudah menyetir stop and go pada tanjakan.

Nah, agar lebih aman dan nyaman saat menghadapi tanjakan, yuk cari tahu cara mudah menyetir stop and go dalam artikel berikut ini!

mobil bekas

Cara Mudah Menyetir Stop and Go pada Tanjakan

Simak beberapa cara berikut ini untuk menyetir mobil saat melalui jalan tanjakan:

1. Pakai Gigi Rendah

Jika mobil Anda berada dalam keadaan diam pada jalan padat dan tanjakan yang dihadapi sangat tajam, pakailah gigi L pada mobil matic dan gigi 1 pada mobil transmisi manual. Hal ini dimaksudkan agar mobil senantiasa mendapatkan tenaga optimal dan torsi ketika melewati jalan menanjak. Akan tetapi, bila tanjakan tidak terlalu tajam, Anda bisa memakai gigi 2.

2. Rem Kaki pada Tanjakan Landai

Saat melalui tanjakan yang tidak begitu curam, Anda dapat memakai kombinasi kopling dan rem kaki. Injak pedal rem saat berhenti, kemudian netralkan posisi persneling.

Pada saat mulai berjalan, secara perlahan lepaskan pedal rem dan pedal kopling. Mobil akan bergetar, lalu maju secara perlahan. Hanya saja, patut diperhatikan pula bahwa cara ini sebaiknya diterapkan saat menghadapi jalan tanjakan yang tidak terlalu curam.

Sementara itu untuk mobil matic, mainkan rem kaki atau rem tangan saja saat melalui tanjakan. Tetapi, pastikan memakai jenis persneling yang benar. Mobil matic ada yang memiliki jenis persneling D2, D1, D, D3, atau L. Pakai D2 atau L atau D1 saat melalui jalan tanjakan.

3. Jangan Menggunakan Setengah Kopling

Cara mudah menyetir mobil stop and go saat melalui jalan tanjakan adalah jangan menggantung kaki di kopling atau menggunakan setengah kopling. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat kopling lebih cepat panas atau jebol.

Langkah melepas kopling dengan bertahap cocok untuk memulai akselerasi mobil dari kondisi diam. Namun, saat mobil melaju pada kecepatan konstan, kaki Anda tidak boleh menggantung atau menginjak pedal kopling.

4. Pakai Rem Tangan

Ketika mobil berhenti di jalan tanjakan, tarik rem tangan atau rem parkir supaya mobil tidak turun. Saat mobil mulai berjalan, lepaskan perlahan rem tangan, lalu lepaskan kopling. Kaki Anda yang lain menginjak pedal gas supaya mobil bergerak maju.

Jangan lupa untuk memberi jarak terhadap kendaraan lain saat Anda ingin memulai akselerasi dari kondisi diam. Agar tidak terjadi tabrakan. Cara yang satu ini cukup sulit, sehingga memerlukan latihan pada tanjakan yang sepi kendaraan.

Siapkah Anda Menerapkan Cara Mudah Stop and Go pada Tanjakan?

Itulah 4 cara mudah menyetir mobil stop and go pada jalan tanjakan yang bisa Anda langsung praktikkan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan menggunakan peralatan keselamatan berkendara. Supaya meminimalisir terjadinya kecelakaan saat melalui jalan tanjakan yang curam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.