Pahami Metode Asset Tracking dalam Manajemen Aset

Inge Innova – Setiap perusahaan pasti memiliki aset untuk mendukung operasionalnya. Untuk menjamin kelancaran operasional, perusahaan perlu melakukan perawatan aset. Termasuk mengetahui keberadaan dan status aset kekayaan yang dimiliki. Di sinilah Anda membutuhkan metode pelacakan aset atau asset tracking.

asset tracking

Pengertian

Pelacakan aset adalah sistem yang memungkinkan Anda melacak barang bergerak. SistemĀ  dapat melakukan pelacakan berdasarkan Internet of Things (IoT) atau melalui aplikasi yang terhubung ke GPS. Proses manajemen pelacakan aset sebenarnya bisa dilakukan secara manual. Artinya, Anda harus memiliki staf untuk melakukan pemeriksaan langsung.

Aset yang rusak atau perlu diperbaiki kemudian dicatat dan ditulis ke dalam pembukuan. Catatan ini nantinya akan digunakan untuk pelaporan manual. Tidak semua aset perusahaan dapat dilacak menggunakan metode ini. Secara umum, hanya aset yang digunakan untuk tujuan produktif dan memiliki umur ekonomis yang panjang yang dilacak seperti komputer, perabot kantor, kendaraan dan mesin bantu lainnya.

Manfaat untuk Perusahaan

Terdapat beberapa manfaat yang akan diperoleh perusahaan jika memiliki manajemen pelacakan aset yang baik, yaitu:

1. Pencatatan Fixed Asset

Sebagai bagian dari aset tetap atau fixed asset, setiap pengakuan aset tetap bersifat penting bagi perusahaan. Keadaan aktiva tetap dapat mempengaruhi laporan keuangan suatu perusahaan. Oleh karena itu, pencatatan dan dokumentasi yang ceroboh dapat menyebabkan masalah dengan hasil laporan keuangan.

2. Meminimalisir Kesalahan Pengiriman

Penting untuk memastikan bahwa aset yang dikirim dapat mencapai lokasi pengiriman yang benar. Ini juga berfungsi untuk menghindari kesalahan pengiriman yang mengakibatkan paket dikembalikan ke gudang pengiriman. Ini karena API pencarian otomatis dalam pengoperasian platform pelacakan aset membantu Anda menulis alamat secara akurat berdasarkan lokasi yang dimasukkan oleh pengguna.

3. Optimasi Audit Aset

Ada banyak cara untuk melakukan audit aset. Metode yang paling umum adalah pengujian manual. Dengan implementasi metode pelacakan aset yang baik, perusahaan tidak hanya menghemat tenaga, tetapi juga membantu meminimalkan human error yang biasa terjadi serta kesalahan input data aset.

Itulah beberapa penjelasan terkait asset tracking. Dengan menjalankan metode tersebut, perusahaan akan lebih mudah membuat keputusan pengelolaan aset. Sehingga produktivitas akan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.