Wajib Tahu, Inilah 7 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Touring Jarak Jauh

Inge Innova – Bagi beberapa orang, menikmati perjalanan dengan menggunakan motor atau touring adalah salah satu cara menikmati hidup. Namun, untuk melakukan touring banyak persiapan yang harus dilakukan agar perjalanan sendirian atau bersama rekan-rekan satu perkumpulan bisa lebih aman dan nyaman hingga tujuan. Persiapan ini tidak selalu mengenai kesiapan motor itu sendiri, tapi juga menyangkut fisik dan mental, hingga membekali diri dengan asuransi perjalanan demi jaminan keamanan.

Berikut ini adalah persiapan yang harus dilakukan ketika akan melakukan touring jarak jauh:

asuransi perjalanan

1. Periksa Keadaan Motor

Sangat penting untuk memeriksa kondisi motor karena kendaraan tersebutlah yang akan Anda gunakan untuk perjalanan jauh. Sebelum berangkat, Anda harus bisa memastikan bahwa motor Anda siap untuk diajak melakukan perjalanan jarak jauh. Periksa mulai dari kelistrikan, lampu-lampu, kondisi mesin, hingga kondisi ban.

2. Kondisi Fisik dan Mental Dalam Keadaan Fit

Tidak hanya memeriksa keadaan motor, Anda pun diwajibkan sehat secara fisik dan mental. Sebab ketika melakukan perjalanan touring jarak jauh, Anda akan menghadapi berbagai keadaan yang tentunya akan sangat menguras kondisi fisik dan mental Anda. Oleh karena itu, selain memastikan badan dalam keadaan sehat, Anda juga perlu memastikan mental Anda siap untuk melakukan perjalanan touring jarak jauh.

3. Menentukan Tujuan dan Rencana Perjalanan

Ketika akan melakukan perjalanan touring, tentunya Anda harus sudah menyiapkan tujuan perjalanan Anda. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan rencana perjalanan dan kegiatan yang akan dilakukan di tempat tujuan. Semua harus dipersiapkan secara matang agar perjalanan jauh lebih terencana dan efisien secara waktu.

4. Mencari Informasi Jalur yang Akan Dilewati

Poin ini sangat penting untuk membantu Anda melakukan persiapan kendaraan juga kondisi badan Anda. Dengan mengetahui jalur yang akan dilalui, Anda akan menyesuaikan pengaturan motor Anda dengan kondisi jalur yang dilewati serta menyiapkan titik-titik pemberhentian untuk beristirahat.

5. Memasang Boks Motor

Motor matic jaman sekarang memang sudah banyak yang menggunakan bagasi dengan bagasi besar, tapi banyak juga pengendara motor yang melakukan perjalanan touring dengan motor sport yang tidak memiliki bagasi sama sekali. Demi kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan jauh, sebaiknya motor dipasang boks tambahan untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan barang atau suku cadang darurat.

6. Membawa Obat-obatan dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

Kegiatan touring akan membawa Anda ke lokasi-lokasi baru. Bisa saja, selama perjalanan tersebut Anda akan mengalami kejadian yang tak terduga. Jadi, ada baiknya Anda menyiapkan dan membawa obat-obatan dan perlengkapan P3K.

7. Kelengkapan Alat Keselamatan

Poin terakhir terakhir yang merupakan kewajiban untuk pengendara yaitu melengkapi alat keselamatan. Mulai dari kepala hingga kaki wajib dilindungi seperti menggunakan helm yang sudah SNI, menggunakan jaket khusus perjalanan jauh, sarung tangan, sepatu khusus touring, jas hujan, dan lain sebagainya.

Demikian persiapan yang harus dilakukan ketika Anda akan melakukan touring jarak jauh. Dengan adanya persiapan yang matang tentu akan membuat Anda merasa nyaman dan aman dalam perjalanan serta bisa menikmati perjalanan tersebut. Happy riding!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *